Hal-hal yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Muda

Selain menikmati masa-masa kehamilan, ada baiknya juga ibu hamil tetap waspada terhadap hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin, termasuk hal-hal sederhana seperti membersihkan kotoran hewan. Karena saat masa kehamilan kesehatan ibu hamil dan janin sangat rentan terhadap gangguan baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Dengan menjaga kesehatan salah satunya memperhatikan hal yang harus dihindari saat hamil seperti pada artikel yang ibuhamil.info sajikan kali ini.
Berikut ini 8 hal yang harus dihindari saat hamil

Kebiasaan Buruk Yang Tidak Baik Dan Harus Dihindari Ibu Hamil, Antara Lain :

1. Konsumsi obat sembarangan
Minum obat sembarangan menjadi salah satu hal yang harus dihindari saat hamil. Senyawa kimia yang dikonsumsi oleh ibu hamil, apapun itu bentuknya akan mempengaruhi janin juga, termasuk obat-obatan yang dikonsumsi. Karena itu, saat ibu sakit, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu mengenai obat yang dikonsumsi kepada dokter kandungan atau bidan. Jika sakit yang dirasakan harus ditangani oleh dokter spesialis lain, informasikan bahwa ibu sedang hamil, dengan begitu sang dokter akan menuliskan resep obat yang aman bagi ibu dan janin.

2. Merokok
Bagi orang sehat saja merokok merusak dan berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi ibu hamil dan janinnya. Meskipun ibu tidak merokok namun berada di antara para perokok, ibu sama saja merokok, malah lebih berbahaya perokok pasif dibanding perokok aktif. Berdasarkan data dari WHO, asap rokok mengandung 4000 lebih senyawa kimia berbahaya yang 43 diantaranya beresiko menyebabkan kanker. Bahayanya bagi ibu hamil dan janin, senyawa-senyawa ini bisa mengakibatkan keguguran, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, bahkan hingga kematian.

3. Stress
Hasil sebuah penelitian di AS menunjukan, wanita yang mengalami stres saat awal kehamilannya berpotensi lebih tinggi melahirkan bayi prematur. Disamping itu, hormon kortisol atau hormon penyebab stres menghambat aliran darah ke plasenta, sehingga janin tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk perkembangan yang optimal.

4. Minuman beralkohol

Setiap tahu, di AS setidaknya 750 bayi lahir dengan Fetal alcohol syndrome atau sindroma alkohol yang berbahaya pada janin. Gejala-gejala dari sindroma ini antara lain cacat bawaan pada janin, keterbelakangan menta, disfungsi sistem saraf pusat, kesalahan pembentukan (malformasi) pada wajah janin, dan gagalnya sistem organ tubuh.

5. Mandi air panas
Berada di sauna atau mandi air panas memang mengasyikan, tapi perlu diingat, bagi ibu hamil suhu maksimum yang boleh digunakan tidak boleh lebih dari 35 derajat. Disamping itu ibu hamil juga tidak boleh berendam terlalu lama karena bisa memicu timbulnya kontraksi.


 6. Zat-zat kimia berbahaya
Ada banyak zat-zat kimia berbahaya yang ada di sekitar lingkungan rumah seperti pembersih lantai, detergen, tinner, pestisida, cat, dan lainnya. Zat-zat kimia yang terkadung pada benda-benda tersebut jika terserap oleh ibu hamil baik terserap lewat kulit maupun lewat udara bisa mengancam kesehatan janin. Bahkan pada jangka waktu lama, bisa mempengaruhi pada tumbuh kembang janin, lahir dengan berat badan rendah, dan lahir dengan cacat bawaan. Zat kimia berbahaya ini juga menjadi hal yang harus dihindari saat hamil.

7. Membersihkan kotoran hewan
Bagi ibu hamil yang memiliki hewan peliharaan, jika dalam urusan membersihkan kotorannya, lebih baik serahkan pada suami atau orang lain. Kotoran anjing maupun kucing dikhawatirkan mengandung parasitt toksoplasma yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Parasit ini bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir dengan cacat, rusaknya organ-organ dalam, dan menganggu sistem saraf pusat.


8. Memakai baju ketat
Memakai pakaian ketat menjadi hal yang harus dihindari saat hamil. Memakai baju ketat apalagi pada bagian perut akan menganggu perkembangan dan pertumbuhan si janin. Bagi ibu hamil, disarankan memakai pakaian yang longgar, selain membuat ibu hamil lebih leluasa bergerak, pakaian longgar juga tidak akan menekan bagian perut terlalu keras.

Demikian bunda, ulasan tentang 8 Hal yang harus dihindari saat hamil. Dengan menghindari hal-hal yang terlarang seperti pada ulasan diatas, harapannya kesehatan bunda dan janin terjaga. Sehingga memperkecil resiko-resiko yang tidak diinginkan.
Belum ada tanggapan untuk "Hal-hal yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Muda"

Poskan Komentar