Olahraga Bersepeda Dapat Membantu Menghindarkan Penyakit Diabetes


Pada studi yang baru saja dilakukan oleh University of Southern Denmark mengungkapkan manfaat olahraga bersepeda dapat membantu kurangi risiko penyakit diabetes, menurut mereka selain menyenangkan olahraga bersepedah juga menyehatkan tubuh dan meningkatkan stamina.

"Orang-orang yang pergi ke kantor menggunakan sepeda atau bersepeda untuk bersenang-senang tidak rentan terhadap penyakit apapun ," tutur Martin Rasmussen, penulis utama penelitian.

Penelitian yang diterbitkan di the journal PLOS Medicine ini mengungkap bahwa penggunaan sepeda dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Termasuk bagi orang yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan aktivitas fisik.

Penelitian ini melibatkan 50.000 orang laki-laki dan perempuan berusia 50 dan 65 tahun. Setelah lima tahun melakukan observasi terhadap peserta, peneliti menemukan bahwa orang yang bersepeda memiliki penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 20 persen, dibanding mereka yang tidak melakukan rutinitas bersepeda.



Martin menambahkan bahwa diabetes tipe 2 dapat dinilai melalui faktor lain seperti ukuran lingkar pinggang, program diet, konsumsi alkohol, merokok, dan cara berolahraga. Ia menekankan, studi ini hanya menemukan hubungan antara bersepeda dengan risiko diabetes tipe 2, bukan hubungan sebab akibat antara dua hal itu.

"Kami sangat tertarik bahwa hasil dari penelitian ini diketahui orang yang bersepeda memiliki risiko yang rendah terhadap diabetes tipe 2, mengingat peserta penelitian berusia menengah hingga tua," jelas Rasmussen, dikutip dari Health Day.


Ia menekankan bahwa studi ini bisa membantu program yang dditujukan untuk meningkatkan penggunaan sepeda di masyarakat. Menurut Martin, walaupun usia sudah tak muda lagi, tak ada kata terlambat rutin bersepeda untuk Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi
Belum ada tanggapan untuk "Olahraga Bersepeda Dapat Membantu Menghindarkan Penyakit Diabetes"

Posting Komentar